Saturday, 24 October 2015

SADARI (perikSA payuDAra sendiRI) Kanker Payudara – Event Report sponsored by Estee Lauder & Clinique Companies

Hi Girls..


Selamat pagi beauty sisters.. Bulan ini adalah bulan dimana kita memperingati payudara sedunia *uuuups.. maksud saya memperingakti Kanker Payudara sedunia. Mari kita untuk lebih mawas diri, untuk menyadari bahaya kanker payudara sejak dini. Walau sampai sekarang pun saya belum pernah mendengar tentang terkenanya kanker payudara yang dialami oleh kerabat dekat ataupun kerabat jauh “ALHAMDULILLAH” Semoga kami selalu diberikan kesehatan yang melimpah ya Alloh.. amin.. amin ya rabb.. Cuma boleh dong kita mempelajari dan mengetahui lebih dekat apa itu kanker, dan khusus nya kanker payudara, iya kan?? Nah, beberapa minggu yang lalu saya mendapat undangan oleh pihak Estee Lauder and Companies untuk datang ke acara tahunan dengan tema “We’re Stonger Together” Let’s Defeat Breast Cancear. Acara ini didukung oleh  PT. Pulau Mahoni, Estee Lauder, Clinique, Siloam Hospital, Her World, Cosmo Girl, CISC dan lain-lainnya yang tidak dapat disebutkan satu-persatu.

“We’re Stonger Together” Let’s Defeat Breast Cancer
Jadwal Acara
“We’re Stonger Together” Let’s Defeat Breast Cancear
Rsvp
Sponsored Clinique Cosmetics
Clinique Support Awarerness Breast Cancer
Beauty Blogger Attending
Acara yang saya datangi waktu itu pada tanggal 10 October 2015, pukul 02.00 siang yang bertempat di Main Atrium Pondok Indah Mall 2. Saya datang bersama anak-anak dan suami, tapi ya.. tetep saya duduk manis diacara tersebut sendirian Hiks (T___T). Untung, ada teman Beauty Blogger yang cantik si mom Tya, jadi bisa ngobrol-ngobrol cantik, selama acara berlangsung Hehehe. Acara pertama, kita disuguhi oleh sebuah band pembuka dengan vocalis-nya seorang cowok, suaranya merdu tapi saya kurang tahu nama band-nya apaan?? *ya.. wong saya juga dateng nya telat sich.. Hehehe. Kemudian masuklah seorang artis sebagai pembawa acara atau yang sering kita sebut sebagai “HOST”, mulut saya sedikit nga-nga lebar pada waktu itu, karena melihat artis bener-bener dalam jarak dekat, mungkin sekitar 20meter dari tempat saya duduk Hahaha *mulai lebay, jangan percaya sama apa yang saya tulis gaeees. Selama berlangsungnya acara kami dipandu oleh Cici Panda, pasti sudah banyak yang tahu laaaaah ya.. dengan Cici Panda. Cici Panda kocak dan tentunya selama berlangsungnya acara kami dipandu dengan sangat menyenangkan. Cici Panda mempersilahkan seorang Brand Manager Clinique untuk maju keatas panggung yaitu Mrs. Matilda Kumala *Fakta selama berlangsungnya acara, bahwa si Mrs. Matilda Kumala adalah kakak terselubungnya dari si Cici Panda, percaya nggak?? Hahaha, ya ampyuuuun.. aposeeeeh buuu.. pagi-pagi gini kita sudah rumpi-rumpi tetangga?? Hahaha. Tenang ciiiiiyn.. yang saya maksud bahwa Mrs. Matilda adalah kakak kandung si Cici Panda.

Band Pembuka
Cici Panda
Mrs. Matilda Kumala (Brand Manager Clinique)
Sebelum masuk ke acara inti, kami disuguhi kembali dengan nyanyian dari artis pendatang terbaru, namanya adalah Brianna Simorangkir. Apakah si Brianna Simorangkir masih kakak beradik juga dengan Sammy Simorangkir?? Eng.. ing.. eng.. *entaaah lah.. selama berlangsungnya acara saya seperti reporter paparazi artis deeeh, penuh dengan teka-teki kehidupan dari si artis-artis Zzzzzzzz **abaikan kalimat saya tadi, itu hanya gosip saja. Sudah.. Sudah.. kita sekarang masuk kedalam post blog intinya ya. 

Brianna Simorangkir
Nah, dimulailah dengan acara inti dari acara ini. Pertama saya ingin memperkenalkan pengisi utama dari acara “We’re Stonger Together” Let’s Defeat Breast Cancear. Pengisi utama dari acara ini ada Dokter ahli Bedah dari Siloam Hospitals yaitu dr. Roys Pangayoman dan Breast Cancer Survivors Mrs. Rusida dan Mrs. Shinta dari CISC (Cancer Information and Support Center). Mengapa saya sangat bersemangat untuk mengikuti acara ini?? tentunya karena ada RUMPIAN BEHA, iya rumpian dari si BEHA-BEHA tentang seputaran kanker payudara. Tenang gaaaaeees.. yang cowo-cowo juga boleh kok baca artikel ini karena artikel ini memang sebuah informasi yang dibutuhkan, agar Ibu-mu, Istri-mu, kakak-adik perempuan-mu ataupun pacar-mu untuk lebih aware terhadap kanker payudara. 

Pengisi Acara
Dimulai dengan mengenal apa itu Kanker?? Jadi tubuh kita terdiri dari triliunan sel yang pertumbuhannya diatur oleh hampir 30.000 gen. Jika gen-gen kita berfungsi dengan benar, maka sel-sel dalam tubuh kita akan tumbuh dengan normal. Gen di dalam tubuh kita teryata dapat mengalami perubahan, dikenal sebagai mutasi gen. Zat-zat seperti polusi, sinar ultraviolet pada matahari, virus dan zat berbahaya dalam makanan dapat membuat gen kita termutasi. Walaupun begitu, mutasi gen masih dapat diperbaiki oleh tubuh kita melalui beragam cara. Jika terlalu banyak gen yang termutasi sehingga mutasi gen yang menumpuk tersebut dapat menggangu pengedalian pertumbuhan sel. Bentuk sel berubah, jumlahnya menjadi sangat banyak dan sifatnya menjadi ganas, keadaan tersebut dikenal sebagai KANKER.


Sedangkan Kanker Payudara adalah suatu kondisi yang ditandai dengan terjadinya pertumbuhan SEL-SEL ABORMAL secara tidak terkontrol pada kelenjar dan jaringan payudara. Sel-sel tersebut membelah diri lebih cepat dan di luar kendali, sehingga jumlahnya berlebihan dan dapat menyebar ke organ tubuh lainnya.

Stadium Kanker Payudara
Keterangan Picture diatas :
1). Stadium Awal : Ukuran tumor 2cm dan belum menyebar
2). Stadium Lanjut Lokal : Ukuran tumor 2cm-5cm, potensial sudah menyebar ke AREA KETIAK atau sekitar jaringan payudara
3). Stadium Lanjut Metastasis : Tumor menyebar ke ORGAN TUBUH LAIN

Pasien kanker payudara yang terdektesi dini ataupun pada stadium awal memiliki harapan hidup yang tinggi, 98% pasien kanker payudara dini bisa bertahan hidup. Sedangkan hanya 24% pasien kanker payudara stadium lanjut yang bertahan hidup hingga minimal 5 tahun mendatang *Kalo inget hitungan persen jadi inget baterai handphone deh, kalau baterai handphone bisa di charger, lah kalau urusan dengan hidup apa bisa di charger gaaaaeees?? Nggak kan?? Itulah mengapa tadi saya tulis kita mesti lebih aware terhadap kanker payudara.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang perempuan beresiko tinggi terkena kanker payudara :
1). Usia : Mayoritas kasus kanker payudara terjadi pada perempuan berusia diatas 50 tahun
2). FAKTOR GENETIK : Memiliki anggota keluarga yang mengalami kanker payudara. Yang pernah saya baca bahwa kanker payudara dapat diwariskan dari Orang tua ke anaknya, pewarisan ditemukan pada 5-10% kasus kanker payudara.
3). KONTRASEPSI ORAL : Menggunakan kontrasepsi oral dalam jangka waktu yang lama.
4). Menstruasi Dini : Perempuan yang menstruasi pertamanya dibawah usia 12 tahun
5). Riwayat Penyakit : Perempuan dengan riwayat tumor jinak pada payudara lebih beresiko mengalami kanker payudara
6). Kehamilan Pertama di Usia Tua : Melahirkan anak pertama diatas usia 35 tahun
7). Menopause Usia Lanjut : Perempuan yang mengalami menopause di atas usia 52 tahun
8). Pola Hidup Tidak Sehat : Obesitas atau kelebihan berat badan setelah menopause, meminum asupan alkohol dan merokok
9). TIDAK MENYUSUI

Untuk point terakhir, itulah mengapa sekarang banyak yang melakukan kampanye MENYUSUI ASI terhadap baby-nya. Salah satu mengapa kampanye itu bergerak adalah untuk menurunkan resiko terhadap kanker payudara itu sendiri. Cara alami agar kita terhidar dari resiko Kanker Payudara.

Menyusui

Dan dibawah ini ada 12 ilustrasi tanda kanker payudara yang dapat dicermati :

Segera lakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter, jika menemukan tanda-tanda seperti yang telah digambarkan

4 cara mendeteksi kanker payudara :
1). Periksa payudara sendiri (SADARI)
Dilakukan secara rutin 7 hari setelah menstruasi setiap bulan, saat jaringan payudara tidak terlalu sensitif.
2). Pemeriksaan Payudara klinis (SADANIS) oleh tenaga medis terlatih
Pemeriksaan fisik oleh dokter umum, dokter spesialis kandungan (ginekologi), bidan atau perawat terlatih. Perempuan yang berisiko tinggi sebaiknya melakukan pemeriksaan ini setiap tiga tahun sekali, ketika memasuki usia 20 tahun.
3).  Pemeriksaan (MAMMOGRAFI)
Dapat dilakukan setiap tahun sejak memasuki usia 40 tahun atau sesuai dengan saran dokter.
4). Pemeriksaan Ultrasonografi (USG)
USG adalah pemeriksaan menggunakan gelombang suara untuk mencitrakan jaringan-jaringan dan bagian dalam tubuh. Pada deteksi kanker payudara, pemeriksaan USG dilakukan pada payudara, terutama pada perempuan yang masih berusia dibawah 40 tahun, ketika jaringan payudara masih padat sehingga tidak efektif jika diperiksa dengan mammografi saja. Pemeriksaan ini juga seringkali dilakukan sebagai pemeriksaan lanjutan dari pemeriksaan mammografi, ketika pasien menemukan gejala kanker payudara.

Bagaimana mencegah kanker payudara itu sendiri :
1). Mempertahankan berat badan ideal
Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan resiko seseorang terkena berbagai kanker termasuk kanker payudara. Batasi asupan makanan dan minuman berkalori tinggi
2). Aktif berolahraga
Lakukan olahraga dangan intensitas sedang hingga tinggi, minimal 75 menit dalam satu minggu
3). Konsumsi makanan sehat
Mengurangi konsumsi daging merah dan daging olahan *tapi kalau mau makan daging bisa memilih daging berwarna putih seperti ayam atau ikan, serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Pilih makanan yang tergolong whole grain atau product makanan yang menggunakan biji-biji serealia utuh seperti gandum, jagung dan quinoa. Hindari konsumsi minuman beralkohol berlebihan

Sumber artikel :
1). Innogene Kalbiotech (a Kalbe Company)
3). The Estee Lauder Companies (breast cancer awareness campaign)
4). Siloam Hospitals

Foto Bersama Survivor Breast Cancer
Acara terakhir adalah dengan foto bersama. Sangat menyentuh hati melihat para survivor breast cancer yang hadir pada saat itu. Dari para survivor stadium awal hingga survivor stadium akhir berkumpul pada hari itu di tengah-tengah hiruk-pikuk keramaian Mall Pondok Indah. Terus berjuang, Terus tersenyum dan Terus bersemangat ya buuu!!. Kunci utama yang saya tangkap hari itu adalah, Jalanilah hidup dengan santai dan relaxs.. stress merupakan salah satu pemicu penyebab utama cepat terserangnya segala macam penyakit termasuk kanker payudara. Dan tentunya melakukan pola hidup yang sehat.

Deteksi dini kanker payudara, tingkatkan peluang kesembuhan. Lakukan SADARI rutin setiap bulan pada hari ke-7 hingga ke-10 mestruasi, dan periksakan diri ke dokter. Mari bersama, kalahkan kanker payudara..

Extra Foto (gini-gini ayeee juga demeeen bang.. foto sama artis ibu kota hahaha)
Goodie Bag
Sampai dipost blog hari ini.. semoga bermanfaat dan menajdi lebih SADARI sejak dini terhadap Kanker payudara ya gaaaeees.. untuk kedepannya saya juga pingin nih membahas beberapa penyebab keputihan terhadap perempuan dan cara mengatasinya *kalau nggak males ya Hihihi Peeeace dah.. see ya..

Jangan lupa untuk follow Instagram dan Twitter Blog DA Sisters untuk informasi tentang beauty lainnya, add di @dineaisah


Xoxo
Dine

.DA Sisters.

16 comments:

  1. emang harus sadari dari awal ya mak, aku kemarin juga dpat ilmunya ..ternyata sadari emang penting banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut Talk Show di PIM 2 juga mba kemarin?? iya banyak banget ya ilmu yang didapet.. nggak nyesal sekali kemarin ikutan.. dar sekarang kita lebih aware lagi ya mba.. karena wanita sangat rentan sekali (T___T)

      Delete
    2. Mbak Dwi Puspita ikut yang di Sby mbak *bantuin jawab*
      *sesama blogger suroboyo*

      Delete
    3. waàah di surabaya ada juga ya campaign nya??

      Delete
  2. Aku tuh suka takut sm gini2 an *yaiyalah tp ngeceknya ga gitu ngerti, ky yg dibilang orang2 diraba2 gitu, tp kok ga yakin ya, aku orgnya ga sensitif kl suruh raba2 sndiri wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya say akupun sama.. tapi lebih baik kita aware sejak dini dari pada telambat.. karena kesehatan adalah segala-segala nya.. untuk cara mengetahui meraba payudara yang benar mba bisa cek di www.kalahkankanker.com disana lengkap say

      Delete
  3. Foto bersama beauty blogger ga ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Too bad nggak ada mba.. kmrn minta tolong fotoin, malah nggak sempet ;'(

      Delete
  4. Kak Dine, makasih ya infonya, aku baca dari awal sampai akhir. Aku concern bgt karena aku punya sekian dari beberapa resiko yang disebut. Saling mendoakan ya kak semoga selalu sehat dan panjang umur. Amiiin... ^_^

    Sherry from ♕ SheemaSherry ♕ blog (www.theshimmeringsheema.blogspot.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sayang.. semoga informasinya berguna.. semangat say, itu yang aku tulis diatas kalau masoh tahap awal ataupun gajal 98℅ kesempatan untuk sembuh selalu ada, tapi dengan aturan dan pola hidup yang sehat.. amin.. amin.. ya rabb.. kita selalu diberikan kesehatan yang melimpah..

      Delete
  5. Ini yang paling cc takutin tau Dine.. huhu
    Thanka infona yaa.. membantu dan menambaah wawasaan ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 cc ellen.. muaach.. muaaach..

      Delete
  6. Thanks ya infonya, jd inget dulu panget pas SMA sekitar tahun 2003 (ketauan udah tua :p) pernah ada sosialisasi ke sekolah, terus dipraktekin ternyata ada benjolan walaupun gak begitu gede. 4 tahun kemudian benjolannya membesar tapi gak sakit, langsung ke RS dan 3 hari kemudian langsung operasi syukur Alhamdulillah ternyata itu tumor jinak jadi masalah selesai sampai disitu.

    salam kenal ya mba (tikaajahcukup.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun.. untung kemarin langsung di operasi ya mba.. krn potensi terjadinya kanker payudara tersebut juga karrna ada nya tumor jinak..

      Semoga kita selalu diberikan kesehatan selalu ya mba..

      Delete
  7. emang ya ratarata deteksi dini kadang ga diperhatiin tautau udah bengkak aja .. mau saya simpen ya fotonya buat nanti jadi deteksi diri sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang serem nya adalah kita masih sedikit awam dengan gejala pertama. alah sulit dibedakan. cuma kalau kira-kira ada benjolan yang menetap dan nggak berpindah-pindah harus patut dicurigai mba. monggo kalau mau disave gambar nya. semoga informasinya bermanfaat ya mba..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...