Thursday, 5 November 2015

Saya Bangga Menjadi BLOGGER & STOP Pencurian FOTO Terhadap BLOGGER

Hi Beauty Sisters..

 
Selamat malam, hari ini adalah dimana saya akan menulis postingan yang mungkin agak sedikit berbeda dari sebelum-belumnya. Hari ini saya akan menulis sebuah obrolan santai di malam hari yang dimana saya sangat BANGGA menjadi seorang BLOGGER. Cerita dulu nih yah, mengapa kami (saya dan aisah) membuat sebuah blog bersama. Saya mempunyai seorang adik yang super banyak ke-inginan *ke-inginan jadi tenar, ke-inginan jadi cantik, ke-inginan jadi artis papan atas penggilesan, pokoknya banyak sekali ke-inginan anak ABG yang mesti diluapkan, tapi tentunya dalam bentuk positif. Awal mula, saya diajak join untuk membuat sebuah blog yang TEMA-nya dua bersaudara beda umur tapi satu hobby. Kecintaan kami tentang all beauty thing menjadi salah satu pemicu untuk kami selalu bersemangat agar menjadi lebih baik lagi dalam menulis. 

Ada yang sering tanya begini :
X : “Kemana si Aisah??”
Dine : “Aisah lagi di KUTUB UTARA”
X : “Yang Bener Lu”
Dine : “Ya nggak laaaaah.. dia sibuk dengan urusan skripsi kuliahnya dan ditambah sibuk dengan urusan tentang Cinta-Cinta-an ABGnya (---___---)”
X : “Pantas lah, sudah nggak aktive nge-blog lagi ya”
Dine : “Dia OFF untuk beberapa waktu ini, dan semua urusan BLOG gue yang handle”

Itu lah awal mula mengapa Aisah sudah tidak lagi berkeliaran lari-lari di dunia per-blogging. Yang tadi-nya DA Sisters BLOG ber-image sebagai dua saudara cantik jelita menulis sebuah all beauty thing di-Blog-nya. Sekarang DA Sisters BLOG image-nya sudah beda, image-nya adalah seorang emak-emak yang kerjaanya doyan sama makeup.. uupsssss.. *siapa-siapa?? siapa yang suka bisiki-bisikin saya yang katanya suka makeupan terus?? sini.. yang suka bisik-bisikin saya, tak kasih cobek sambel nanti mulutnya.. hahahaha.. *Just Kidding!!. Yaaaa.. dari situ lah saya belajar menjadi madiri. Jujur saya menulis blog itu semua dari 0 (NOL) iya NOL pengetahuan. Dari menulis blog yang se-ala kadarnya, sampai belajar bagaimana editing foto yang bisa eyechating untuk di pajang dalam blog.

Ada dua cerita yang bakalan saya bagi, Pertama adalah bagaimana saya bangga nya menjadi seorang penulis  dan Kedua adalah saya ingin membahas tentang pencurian foto didalam dunia blogger.


[Cerita Pertama] Saya BANGGA Menjadi BLOGGER
Apa sih arti blogger itu?? Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh pihak Google pada tahun 2003. Secara umum, Blog yang di host oleh Google berada di bawah submain Blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 mei 2010. Setelah tanggal tersebut semua blog harus disimpan di server google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat sitsusnya sendiri dengan fitur Custom URL.
(Sumber Wikipedia.org)

Nah, Saya tahu.. saya nggak bakalan mendapatkan lebih dari dunia blog ini. Harapan satu-satu yang saya dapat dalam dunia blog ini adalah wawasan dan berkenalaan dengan semua orang secara luas di dalam dunia blogger. Suami saya pernah bilang begini “Nggak semua apa-apa yang kita kerjaakan itu harus menghasilkan uang. Dengan kita menjalani sebuah hubungan yang baik dengan seseorang, itu merupakan salah satu aset untuk kedepaannya agar kita lebih baik dan lebih tinggi lagi, siapa tahu seseorang tersebut adalah jalan pintu untuk kita” aaaaah pokoknya saya sayang banget dengan suami, banyak banget istilah-istilah yang bikin hati di dada ini nyesssss mak nyesssss.. mweeheehee..

Terus mengapa akhirnya kamu intens di dunia bloging ini din??
Nih ya saya kasih tahu ya.. Jujur!! kalau saya dibilang kadang iri dengan seseorang yang memakai baju kantoran dengan sepatu HAK TINGGI-nya. IYA SAYA JEALOOOOUS.. ooooh come on gaaaaaaes.. nggak semua wanita harus pakai HAK TINGGI, bukan?? Atau, nggak semua wanita harus pakai baju UNIFORM untuk bekerja kan?? Kadang saya di situ merasa sedih gaaaaeees.. sedih banget.....!!

Banyak hal yang saya bicarakan soal ini secara serius oleh suami saya. Yang akhirnya saya pun menangkap bahwa dalam berumah tangga itu harus ada yang mengalah. Mengalah dalam arti kata, mau dibawa kemana rumah tangga ini kalau semua sibuk dengan urusan karirnya?? Maksudnya semua sudah ada porsi-nya masing-masing. Suami mencari nafkah diluar, dan saya?? saya bekerja dirumah untuk menjadi seorang ibu rumah tangga. Mengurus anak dan menjadi kepala ART (Anggaran Rumah Tangga) yang bijak dalam rumah tangga. Pekerjaan yang saya sebutkan diatas itu juga lumayan menguras tenaga lhoo, rasanya sama seperti wanita-wanita yang bekerja diluar sana. Walau sebenarnya, ilmu saya masih mentok di Sarjana Strata 1 (Satu), tapi saya.. masih ada kesempatan untuk dapat berkarir diluar sana. CUMA!! Bukan itu yang saya cari, ada banyak hal-hal yang nggak bisa diungkapkan disini, yang dimana hanya saya dan suami saya yang tahu bagaimana menjalani kehidupan Rumah Tangga kami.


Disitu lah saya mengisi kekosongan ketika sedang santai, dengan menulis dan belajar membuat feeling fotography saya lebih baik lagi. Menulis apa?? menulis semua tentang beauty?? Terus, mengapa mesti tentang beauty??? Ya... kan ceritanya saya sekarang pura-pura jadi Beauty Blogger yang cantik jelita lhooo jeeeeng (T___T). Nah.. makanya sekarang terkenal dengan namanya beberapa istilah dalam dunia per-blogingan. Ada Food Blogger, ada Lifestyle Blogger, Ada Fashion Blogger, ada Travel Blogger dan tentunya ada juga yang namanya BEAUTY BLOGGER *Fingger Cross.

Mengapa harus terjun di dunia beuaty blogger?? Bukannya image dari beauty blogger itu suka makeup dan menghabiskan banyak duit hanya untuk beli lipstick sekebon??? Hahahaha.. kamu salah besar gaaaes kalau beauty blogger itu selalu foya-foya beli cosmetiks ataupun skincare. Saya selama menjadi beauty blogger bisa dihitung pakai jari untuk membeli cosmetiks ataupun skincare. Sebagian karena dukungan dari para sponsore dan sebagian emang benar saya memakai uang sendiri untuk membeli kebutuhan cometiks and skincare tersebut. Nih, saya sendiri paling benci kalau ngobrolin soal uang.. karena yang namanya uang tuh sedikit sensitive. Pasal uang yang saya maksud adalah uang benefit dari saya berjualan Preloved cosmetiks yang tidak saya pakai lagi dan ada juga dari hasil upah saya menulis.

Jadi pleeeeeaaase lah untuk tidak berburuk sangka, bahwa beauty blogger kerjanya hanya bermain makeup, selfie ataupun kongkow di acara event tertentu. Mungkin semua bilang bahwa pekerjaan ini sedikit sepele, yang mungkin semua orang juga bisa bilang gini “Aaaaaah kecil.. gue juga bisa kalau cuma cengar-cengir foto”. ITU SEMUA SALAH gaaaaes, kita ber-makeup tuh nggak asal makeup, banyak sekali waktu berlatih agar alis kita tampak lebih sejajar atau per-sisi. Kita berselfie juga nggak asal selfie gaaaaes, semua pembaca yang pintar perlu wujud nyata antara BEFORE dan AFTER setelah pemakaian product gaaaes. Apalagi Kongkow di acara event tertentu!! Nggak semudah dibayangkan untuk dapat diundang oleh BRAND TERKEMUKA untuk datang keacara tersebut, dengan adanya beauty blogger tersebut diundang kedalam event tertentu maka, blogger tersebut dapat dibilang sudah sejajar dengan beberapa awak media yang datang ataupun wartawan-wartawati di dalam dunia publikasi media.

Contoh Foto Before and After
Attending event blogger
Mau tahu saya memulai menulis itu dengan product beauty apa?? product Lulur Kocok Mustika Ratu dan Eyebrow Wardah yang harganya itu bisa dibilang under Rp. 30,000 gaaaes (T____T) bisa di cek post blog terdahulu saya [disini] dan [disini].

Mengapa saya bilang bahwa saya bangga menjadi seseorang Blogger?? Saya bangga.. karena saya tahu menghasilkan sebuah karya itu tidak mudah. Menghasilkan sebuah karya itu harus penuh dengan inspirasi, harus penuh dengan kerja keras. Tapi sayang tak semuanya mengerti tentang sebuah hasil karya, sehingga sedikit ter-ucap kata-kata “aaaaah ngapain sich buang-buang waktu hanya untuk nulis begituan”. Kalau masih ada yang nyeletuk kaya gitu?? Aaaah sorry gaaaaes kalau gitu kita beda paham, jadi ini lah style saya dan please jagan nyinyir tentang semua style yang saya punya..

[Cerita Kedua] STOP Pencurian FOTO Terhadap BLOGGER
Suami saya, adalah orang pertama yang menghadiahkan saya sebuah camera DSLR NIKON D5100 (plus lensa lain-lainnya) sebagai hadiah pernikahan. Jujur pas saya dikasih camera saya sedikit bingung malah sedikit BETE “mengapa hadiahnya harus camera sich (T___T) saya kan nggak bisa meng-oprasikan camera tersebut”. Terus tanpa sengaja saya mengintip sebauh chat suami saya dengan teman Fotografer-nya, kira-kira begini isinya.

Suami : “PING!!”
Fotografer : “Ya..”
Suami : “Saran dong, gue mau beli camera nih”
Fotografer : “Foto buat apaan??”
Suami : “Foto apa saja, untuk pemula”
Fotografer : “Bisa Beli NIKON untuk Outdoor atau CANON untuk Indoor, tergantung kebutuhan brooh”
Suami : “Kira-kira beli seri apa ya??”
Fotografer : “Beli saja NIKON D5100 bagus untuk pemula karena gampang digunain. Kok tiba-tiba mau beli camera buat siapa??”
Suami : “Buat Istri Broooh, Hadiah Ulang Tahun Pernikahan”
Fotografer : “Ciyeeeee.. Nggak kerasa aja ya broooh udah ulang tahun pernikahan”
Suami : “Gue mau belin camera buat dine, agar nantinya ada sebuah ilmu yang bisa diwarisin dari ibunya ke anak-anak gue brooh. ILMU, SENI itu mahal broooh susah didapetnya
 Fotografer : “Sedeeeeep.. Semangat Broooh”

Hahahaha.. jangan terlalu percaya sama semua percakapan diatas, yang jelas.. kalimat terakhir dari suami saya, itu lah yang paling menyentuh dan ter-iyang-iyang sampai sekarang. So?? Intinya dimana?? Intinya adalah sekarang saya mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya untuk suami karena sudah mengenalkan saya dengan dunia fotography. Mengapa mesti berterimakasih? karena dalam dunia per-bloggingan GOOD FOTO = GOOD BLOGING. Percaya deh, 95% semua pembaca kalau masuk kedalam dunia easy information yang dilihat pertama kali adalah kualitas dari FOTO-nya tersebut. Bener nggak?? Kalau saya salah *sungkem satu-satu deh.. Hihihi.

Temannya blog adalah foto atau picture. Yaaaa, itu adalah sebuah ilmu matematika yang sudah pasti dalam dunia per-blogingan. Jangan bilang saya menjadi seseorang yang autis kalau lagi pegang camera, apakah itu benar?? Iya itu memang benar.. semangat saya untuk mengenal dunia fotography sudah di titik didih kawan. Malah dalam waktu dekat ini ada keinginan saya untuk mengambil kursus dalam dunia fotography. Walau sebenarnya itu sulit sekali, sulit karena untuk membagi waktu.. saya sudah ber-anak dua dan banyak yang mesti diperhitungkan jika anak saya tinggal untuk pergi kursus. Dibawah ini adalah beberapa foto yang sedikit saya ambil, tidak terlihat seperti profesional sich, tapi ya Not Bad laaaah.




Eeeeeeits.. kelewatan.. ada beberapa foto selfie diatas kan ya?? iya foto selfie saya diatas merupakan salah satu foto selfie yang di curi oleh beberapa Online Shop Nakal. Yuuuups.. saya masih tetap berlapang dada, dengan sebuah teguran manis kepada sang penjual semoga diberi pencerahan bagi si admin untuk berjulaan lebih sehat lagi. 

Pencurian foto terhadap sebuah online shop

Mungkin.. INI MUNGKIN YA.. sebagian beauty blogger ataupun beauty antusias, setuju bahwa foto mereka tidak apa-apa untuk diambil menjadi bahan mencari nafkah sang penjual. Tapi dengan beberapa persyaratan :
1). Meminta izin untuk meminjam ataupun copy paste foto dan hasil karya tersebut
2). Kalau nggak sempat izin, paling tidak cantumkan sumber credit yang jelas dari foto dan karya tersebut
3). Dan yang terakhir adalah tolong foto tersebut tidak untuk dipakai sebagai menjual product aneh-aneh. Contohnya product Before After seseorang beauty blogger dipakai untuk product cream bidadari?? Atau cream Mba Syahrini?? Atau cream dr. Bala-Bala-Bala (T___T)

Picture diambil [disini]

Tau kah kamu, bahwa Hak Cipta itu sangat berarti bagi kami?? 

Baca beberapa tentang Hak Cipta dibawah ini :
Di Indonesia, masalah Hak Cipta diatur dalam Undang-undang Hak Cipta, yaitu yang berlaku saat ini, Undang-undang Nomor 28 Tahun2014. Dalam Undang-undang  tersebut, pengertian hak cipta adalah “hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaanya atau memberikan pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku” (pasal 1 butir 1)

Hak cipta di indonesia juga mengenal konsep “hak ekonomi” dan “hak moral”. Hak ekonomi adalah hak untuk mendapatkan manfaat ekonomis atas ciptaan, sedangkan hak moral adalah hak yang melekat pada diri pencipta atau pelaku (seni, rekaman, siaran) yang tidak dapat dihilangkan dengan alasan apa pun, walaupun hak cipta atau hak terkait telah dialihkan. Contoh pelaksanaan hak moral adalah pencantuman nama pencipta pada ciptaan, walaupun misalnya hak cipta atas ciptaan tersebut sudah dijual untuk dimanfaatkan pihak lain. Hak Moral dalam pasal 24-26 Undang-undang Hak Cipta.
(Sumber diambil dari wikipedia.org)

Nah??? Bagaimana?? cukup mencantumkan sumber dari sang pencipta, maka kamu sudah temasuk seseorang yang sudah menerapkan pentingnya Hak Cipta tersebut. Terus?? Untuk menghindari beberapa pencurian terhadap foto pada blog, saya ada link nya nih, monggo di click link tersebut.. agar kamu sang blogger nggak was-was lagi terhadap fotonya yang bakalan diambil oleh sang pencuri, click link [disini]

Dan ooooh ya.. maaf.. kapasitas saya disini hanya menciptakan sebuah foto yang sedap untuk dilihat “MENURUT PENDAPAT SAYA”. Jadi jika ada yang berpikir aneh-aneh tentang semua foto yang saya ciptakan. Sorry gaaaaes, disini hanya sekumpulan foto product kecantikan dan sekumpulan foto selfie yang masih sebatas normal dan sopan menurut saya :) Terimakasih

YUUUUk.. dukung kampanye ini untuk katakan STOP Pencurian FOTO Terhadap BLOGGER #SAYNOstealphotoblogger. Selamat hari belogger nasional gaaaaes *sungkem satu-satu.. maaf kalau ada salah-salah didalam tulisaan ini.. saya ucapkan bahwa DAMAI itu INDAH.. see ya..

Jangan lupa untuk follow Instagram dan Twitter Blog DA Sisters untuk informasi tentang beauty lainnya, add di @dineaisah

Xoxo
Dine

.DA Sisters.

27 comments:

  1. Selamat Hari Blogger Nasional juga. Salam kenal dariku @kakdidik13 Blogger Bojonegoro. Kalau foto diambil orang tanpa dikasih sumbernya tuh rasanya .....ihhhhhh gimana githu. Tapi tetap semangat ngeblog ya !!! Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih om didik telah mampir ke blog kami ya.. Terimakasih atas semangat nya.. Salam enal juga..

      Delete
  2. Selalu suka dengan foto-foto di blog ini. Blog Sisterdyne adalah satu blog yang teruuuss memicu aku untuk memperbaiki kualitas foto :D

    Aku juga pernah dicibir karena posting tentang beauty. Tapi gimana yah, namanya juga hobi. Blogging juga ngajarin aku banyak hal. Aku jadi ngerti kalo ada usaha di balik foto yang bagus, jadi tau bahwa blog-blog populer ngga muncul dengan sendirinya, jadi lebih mengapresiasi karya blogger lain, dst :D

    Alamat blognya sengaja ditutup sama online shopnya? ^^; ckckck...
    Terima kasih udah sharing mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah mampir ke blog kami ya Hanitis.. kami juga sering sekali blogwalking ke blog kamu.. tulisan mu salah satu inspirasi bagi kami ^^

      Iya nih.. Online Shop-nya Nakal..

      Delete
  3. Fotoku pernah dicolong juga dan diTIMPE sama nama toko doi, ada yang watermarknya dipotong, ada yang main ngedit, ya kalo masih membiarkan watermark ada aku masih toleransi. Nahhhh udh di komen eh dia malah ngeblog.

    Masing - masing kasus punya 1 jawaban.

    Banyak yang mulai kepo, dari nanya sampe nyela, kesannya beauty blogger ga punya kerjaan, cuma bisa dandan, ngabisin duit dll dll dll alasannya karena 1, mereka IRI... hahhahahahhahah.

    Mereka selalu pengen apa yg kita punya dan ngga mau berusaha, ujung - ujungnya MINTA!!! Males!!! Padahal banyak blogger yang baru - baru juga tapi bisa dapat kesempatan untuk gabung dalam berbagai event, bahkan sampe dapet job review. Asal mau memulai dan berusaha, kasih yang terbaik semampunya (atau bahkan lbh dari kemampuan).

    Untuk hal yang kedua adalah karena mereka MALAS. Tinggal nulis caption aja ngga bisa, mana mungkin mereka ada keinginan untuk bikin foto, dandan sendiri atau cari model, apalagi beli kamera, nah apalagi kalau sudah mulai editing... Bzzzzz,, manalah mereka mau

    Hahahahha, sudah yuk kita ketawain aja orang - orang yang begitu, kalau mereka gada kita gada bahan ketawaan, coz Stand Up Comedy kan tayangnya cuma berapa jam aja hahahahahha...

    ROOSVANSIA | IM THE ONLY DAUGHTER

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi terharu van baca commentmu.. terimakasih ya van udah selalu semangatin aku untuk selalu menulis.. terimakasih.. well.. seperti yang kamu bilang, Life become so easy ang beautifull..

      Delete
    2. *ngeblock
      hahahhaah typo sangkin semangatnya.... hahhahahahhaah Yesssss!!

      Delete
  4. Beauty Blogger paporit pokoknya. Emang sih kesadaran utk menghargai karya org tuh masih memprihatinkan. Saya juga sedang belajar fotografi dikit dikit biar pede pakai poto sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba?? Mengapa seperti itu ya?? kadang sedikit sedih.. padahal semua karya terciptakan berbentuk postive ya?? heemmm.. terimakasih telah berkunjung ke blog kami ya mba..

      Delete
  5. saya biasanya cantumin sumber gambar. klo gitu gpp ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.. kalau gitu mba salah satu yang sudah mendukung begitu pentinga sebuah HAK CIPTA.. terimakasih atas sharingnya ya mba..

      Delete
  6. Foto-foto kalian tambah bagus lho ^0^
    Aku kepengen nyobain foto2 seperti kalian, tapi balik lagi photography itu seni, gak semua orang bisa mendapatkan hasil foto yang sama dan feel yang sama walaupun ditempat bahkan dengan objek yang sama haha. Semua orang punya ciri khas masing-masing, makanya suka seneng lihat hasil karya orang-orang yang bagus2 ^0^

    Semakin hari kualitas foto kalian makin bagus banget Dine ^0^
    Iri lihatnya bisa punya seni photography yang bagus ^0^
    Tambah keren lagi ya Dine semakin hari ^3^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaah.. terharu baca comment dari lucy.. terimakasih ya lucy.. terimakasih atas semangat nya.. muuuach.. muuuuach..

      Delete
  7. ahhh dineee.. i still remember when you started blogging! sekarang makin rajin & bagus fotonya..
    KEEP IT UP!! :)

    xoxo,
    Jessie | Beauty Appetite

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. jadi malu deh pas lihat awal-awal nge Blog dulu.. tapi terimakasih ya jess.. kamu adalah salah satu inspirasi kami..

      Delete
  8. Fotoku sering dicolong. Padahal fotoku nggak bagus-bagus amat loh. Jauh deh kalau dibanding fotonya Dine. Sedih banget deh. Mau marah-marah juga kok kesannya ntar sering banget aku marah-marah, soale sering banget fotoku dicolong. Akhirnya aku pilih-pilih lah. Marahnya kalau fotoku dipakai buat promo produk abal-abal aja --". #curhat

    Ngomong2 aku suka banget foto-fotomuuu. Keren-keren dan bisa jelas detil gitu, terutama kalau foto eyemakeup. Hiks. Aku mau les sama kamoh. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaaaah ini dia ada mba sekar arum.. kami adalah sering banget baca tulisannya mba arum.. easy going dan enak dibaca.. salah satu beauty blogger yang perlu untuk dicontoh.. hihihi..

      iya mba sekar emang femes sich.. jadi sering banget di curi ya foto-fotonya :( semangat terus mba..

      Yuuuk sich aaah kita meet up jadi bisa ngobrol soal foto selfie-selfiean hahahaha

      Delete
    2. Ihh aku mah apa dibanding kaliaann. Hahahaa... Nggak femes sih, cuma fotonya colong-able kalau aku mah ^^.

      Mau bangeeettt. Kapan-kapan yah kita harus ketemuan.

      Delete
    3. iiiiish mba arum maaah merendah lhooooo.. hahahaha... ngakak deh baca tulisan commentnya "colong-able" kaya emang semua beauty blogger rentan banget deh dengan penyakit "colong-able" ya mba arum.. yuukk kapan-kapan kita ketemuan ya..

      Delete
  9. Cocok jd beauty blogger.. memang cantik hehehe.. mudah2an fotonya gak di curi lg ya mba.. kebayang deh kalo aku di gituin hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mba.. mba ruli pun juga cantik :) amin.. amin ya rabb.. yuuk mba.. dukung.. untuk menkapanyekan STOP PENCURIAN FOTO terhadap BLOGGER..

      Delete
  10. Aku juga sering diambil fotonyaahh terutama swatch makeup dan selfie sama produk. Tapi sejauh ini belum nemu klo ada yg pake foto untuk before - after produk abal2 sih dan semoga tidak juga. 😭😭😭

    Tapi foto yang diambil sakitnya masih belum seberapa dibanding blog yang diambil loh. Huu huu

    http://www.crochetandlipstick.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget itu sekar.. itu sudah luuuuar biasa menyakitkan.. kaya jantung nya langsung copot dari badan.. turut sedih ya sekar, semoga rejeki mu nanti dilipat gandakan dengan pristiwa kamarin 😒

      Delete
  11. Bener banget kak, aku makin betah baca blog yang fotonya jelas & indah dipandang salah satunya blog ini. Selalu sukaaa! <3 <3 Aku juga ngerasain sendiri secara gak langsung jadi belajar gimana caranya foto produk yang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah terimakasih shinta.. semangat terus untuk menulis ya.. dan bangga menjadi beuaty blogger *eeeeaaa...

      Delete
  12. Hai mba dyne.. Aku nisa yang waktu itu email. Aku baru baca post mba yang ini, aku juga setuju bgt tentang yang mencuri foto itu. Aku juga sempet ngalamin itu, tapi bukan masalah kecantikan sih... Bingung ya harus nuntut ke siapa, harus banyak2 nyiasatin ya mba... Semoga makin sukses mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloooo khairunnisa.. eeeh terimakasih ya atas info nya wkatu itu.. waaah pernah jadi korban pencurian foto juga ya?? iya bingung nuntut kesiapa.. iya sepertinya kita harus banyak2 nyiasatin watermark..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...