Monday, 6 June 2016

Rangkuman Blogger Perempuan Talk - Tips : Memotret Produk untuk Blog Review

Hi Girls..

Blogger Perempuan Network

Beberapa minggu yang lalu, saya berkesempatan untuk menjadi narasumber live tweet dalam acara Blogger Perempuan Network, dengan tema acara :

“Blogger Perempuan Talk - Tips : Memotret Produk untuk Blog Review”

Mungkin ada beberapa dari beauty sisters yang tidak sempat live dan kurang jelas mengikuti tips seputaran “Bagaimana Memotret Product untuk Blog Review”. Nah, dipost blog hari ini ada sedikit rangkuman dari acara Blogger Perempuan Talk tersebut.

Untuk sebelumnya beauty sisters sudah tahu kah apa itu Blogger Perempuan Network? Jadi beberapa bulan belakang ini saya bergabung dalam sebuah jaringan (network). Jaringan tersebut adalah Blogger Perempuan Network. Blogger Perempuan Network merupakan suatu jaringan yang bertujuan untuk menciptakan sebuah ruang yang nyaman, dimana blogger perempuan indonesia dapat belajar, berbagi dan mengispirasi satu sama lain. Jaringan Blogger Perempuan Network terdiri dari 1000+ terdaftar blogger perempuan indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia.

Di dalam Blogger Perempuan Network ini, tak hanya berbagi informasi. Tapi banyak sekali kegiatan dan ilmu dalam dunia per-blog-ing-an yang dapat kita pelajari. Salah satunya adalah berbagi ilmu dalam acara Blogger Perempuan Talk, dengan menghadirkan sosok yang ahli dalam bidangnya.

Nah..

Berikut adalah beberapa rangkuman dalam acara tersebut :

1). Hallo Kak Dine, apa kabar? Sibuk apa sekarang nih?
Jawab : Halo BP.. Kabar baik. Lagi sibuk momong anak dan Bloging nyantai saja nih.

2). Kak Dine, boleh tahu jenis kamera yang digunakan untuk blog www.sistersdyne.com ? Soalnya gambarnya cantik-cantik..
Jawab : Wah, Terimakasih BP, jenis kamera yang digunakan DSLR Nikon D5100 dan Mirrorless Sony a5100

3). Dengan kamera-kamera tersebut biasanya apa saja sih persiapan Kak Dine supaya menghasilkan foto yang cantik?
Jawab : Biasanya satu hari sebelum memotret, saya sudah mempersiapkan semua keperluan untuk memotret seperti kamera, properti foto, dan mood yang oke.

4). Nah, ngomong-ngomong soal waktu memotret, punya waktu khusus untuk memotret supaya hasilnya sesuai yang diinginkan?
Jawab : Saya selalu memotret dari jam 8 hingga jam 10 pagi. Karena pencahayaan di jam tersebut dapat membuat foto tampak lebih natural dan hasil warna yang di inginkan juga lebih sesuai.

5). Kak Dine pasti sering banget memotret product untuk direview. Biasanya bagian apa yang perlu dipotret, kak?
Jawab : Semua harus difoto. Dari box, packaging, direction, texture, colour dan lain-lain yang dikiranya penting untuk disampaikan kepada pembaca. Contoh foto-foto product yang dapat dilihat disini dan disini.

6).  Untuk editing foto, biasanya Kak Dine menggunakan aplikasi apa? Berbayar atau gratisan, kak?
Jawab : Hanya aplikasi umum seperti photoshop atau photoscape. Photoscape merupakan aplikasi editing yang saya sarankan bagi pemula yang ingin belajar editing foto.

Momotret Produk untuk Blog Review
(Camera DSLR NIKON, Lensa Kit, Editing PhotoScape Pro)

7). Ceritain pengalaman selama foto product dong kak, pernah ngerasa hopeless karena hasilnya nggak sesuai dengan keinginan ?
Jawab : Pernah, dan itu bikin gregetan. Ada setidaknya 1-2 post blog dalam setahun yang tidak up tayang, karena hasil foto tidak sesuai keinginan.

8). Menurut Kak Dine, penting nggak sih seorang blogger memiliki kamera canggih? Atau kamera ponsel saja cukup?
Jawab : Penting!! GOOD CAMERA = GOOD PICTURE = GOOD BLOGING. Karena tampilan good picture akan menarik 80% pembaca untuk datang ke post blog kita.

9). Pernah pakai kamera ponsel untuk memotret produk nggak, kak? hasilnya gimana? Punya tips khusus untuk pengguna kamera ponsel, kak?
Jawab : Pernah, First started bloging, and I use a blackberry with 8MP camera. Hasilnya so-so saja.

Tips memakai kamera ponsel :
  • Cari pencahayaan yang sempurna seperti cahaya alami yaitu matahari atau cahaya buatan yaitu lighting.
  • Jangan menggunakan flash. Flash hanya digunakan jika dalam keadaan sangat urgent, seperti cahaya di sekitar minim atau rendah.
  • Jangan menggunakan zoom. Zoom tidak diperkenakan untuk kamera ponsel. Karena hasil resolusi dari picture akan pecah.
  • Pilih resolusi paling tertinggi.
  • Pilih angel dari atas (Flat Lay) karena dapat mencakup ruang gambar yang lebih luas.

10). Benefit apa saja yang sudah Kak Dine dapatkan selama sudah menemukan tone dan ide foto seperti blog kakak sekarang?
Jawab : Warna dan detail product yang tertangkap oleh kamera akan sama persis seperti warna asli dari si product, maka hasil foto pun akan terlihat sempurna, dan dengan tone yang sesuai maka akan menarik beberapa brand lainnya untuk melakukan kerjasama dikemudian hari.
Kalau benefit berupa materi, kak? Boleh bisikin dong pernah bekerjasama dengan brand apa saja?
Jawab : Hehehehe, BP bisa saja nih. Saya pernah melakukan kerjasama bersama brand SAMSUNG, ERHA Clinic, Covermark, Rohto Laboratories, Jakarta Smile, Orori Jewelry, Shinzui, Sariayu, Velvy Cosmetics and anymore..

11). Ada tips untuk para BPers yang ingin memulai fokus menghasilkan konten visual untuk blognya?
Jawab : Tips-nya simple dan, para BPers mesti konsisten.

Tips memulai fokus dalam konten visual :
  • Investasi berupa good camera, dan memperbanyak lensa sangat diajurkan.
Semakin kesini, setalah 4 tahun nge-blog-ing saya semakin tahu bahwa mempunyai good camera menjadi sebuah modal yang sangat penting untuk memulai dunia easy informasi seperti ini.

Dulu pas suami, bilang “kamu kan sudah ada kamera, lebih baik sisihkan sedikit uang mu untuk membeli lensa, dari pada beli camera terbaru lagi”.

Bukan, bukannya menyesal mempunyai kamera mirrorless. Tapi teryata mempunyai kamera DSLR saja sebenarnya sudah lebih dari cukup. Jadi.. intinya, maximalkan kamera yang kamu punya dan memperbanyak lensa sangat lebih baik. Coba deh kamu tanya, ke Photografer Profesional sekali pun, pasti dia hanya bilang “PERBANYAK LENSA”.

Bandingkan lensa kit bawa-an dengan lensa macro, bandingkan lensa macro dengan fish eye. Semua lensa tersebut mempunyai ke unggulannya masing-masing, dan hasil dari setiap picture-nya pasti mempunyai esensi yang berbeda juga.

Momotret Produk untuk Blog Review
(Camera DSLR NIKON, Lensa 50mm)

  • Belajar lebih dalam anatomi dari kamera yang BPers punya.
Mempelajari anatomi dari kamera sangat PENTING, nggak ada ruginya. Semakin kamu mengenal bagaimana keadaan dari kamera-mu maka semakin kamu nggak akan mau pindah kelain hati, percaya deh.

Kalau ada yang bilang “Kak, hasil potret kamu lebih terang ya? Ada yang salah nggak sich dengan kamera aku?”. Menurut saya, bukan salah di kamera-nya sich, tapi maximal penggunaan dari anatomi kamera yang kamu punya belum di explore secara penuh.

Contoh : Bagaimana ISO dapat bekerja secara sensitive untuk menangkap cahaya lebih cerah tanpa perlu menggunakan flash, dll.

  • Belajar untuk mengendalikan feeling saat memotret.
Nggak hanya mengedarai kendaraan yang pakai feeling. Kamera juga butuh feeling agar hasil potret nya sempurna gaeees.

Momotret Produk untuk Blog Review
(CAMERA DSLR NIKON, Lensa Kit)

  • Belajar untuk membiasakan diri memakai mode manual focus.
Masih nyambung dengan point diatas, manual focus! Kamu mau lebih cepat akrab dengan camera yang kamu punya?? Pakai manual focus. Jangan apa-apa auto, apa-apa auto. Gimana feeling bisa terbentuk, kalau apa-apa auto yang bekerja.
  • Latih kestabilan tangan ketika memotret.
  • Cari pencahayaan yang sempurna, dan hindari minim cahaya.
Hubungan kamera dengan cahaya sangat erat. Kalau ada film yang judul nya “mengejar matahari” nah, itu saya banget. Saya nggak punya studio, jadi matahari pagi sangat penting sekali untuk saya.

Momotret Produk untuk Blog Review
(CAMERA DSLR NIKON, Lensa Kit, Tripod)

  • Sering berlatih, agar BPers mendapatkan hasil foto yang sesuai dengan real product.
Bosen sich ya dengan kalimat begini, tapi ya mau gimana lagi. Berlatih-latih-latih! Dengan mempunyai jam terbang yang lebih tinggi maka kamu pun akan semakin lihai setiap harinya. Kalau mau cepat bisa, saran bawa Kamera kemana pun kamu pergi, maka setiap waktu kamu akan akan terlatih dengan sendirinya.

  • Ber-imajinasi-lah!!
Ada baiknya sebelum memotret BPers berimajinasi terlebih dahulu, agar BPers mengetahui sketsa apa potret picture yang akan BPers ambil nanti.

  • Ciptakan style.
Ciptakan style yang unik dari setiap jepretan foto yang BPers potret, agar pembaca mengetahui bahwa itu adalah style dari potret foto BPers.

Momotret Produk untuk Blog Review
(CAMERA DSLR NIKON, Lensa Kit, Properti Foto, Flat Lay)

  • Ini adalah peralatan tempur saat pengambilan foto di blog.

Momotret Produk untuk Blog Review
(Camera Iphone 6 S+)

Momotret Produk untuk Blog Review
(Alas Foto)

Momotret Produk untuk Blog Review
(Properti Foto)

Selesai. Tips diatas hanya panduan basic yang kurang lebih dapat diterapkan oleh beauty sisters semuanya. GOOD CAMERA = GOOD PICTURE = GOOD BLOGING. Semoga informasinya berguna ya. Jika ada pertanyaan dan sharing yang perlu ditambahkan, beauty sisters dapat comment dibawah. See ya..

Jangan lupa untuk follow Instagram @dineaisah dan Twitter @dineaisah2 untuk informasi tentang beauty lainnya ya.


62 comments:

  1. Wahh lengkap banget mbaakk.. Jadi better beli SLR atau mirrorless neh saya msh galau hehehhd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kegunaan sich mba.. mirrorless bagus dan ringan.. kalau DSLR warna tajam tapi berat.. hehehehe.. aku pilih dua-duanya..

      Delete
  2. Hasilnya keren... sayangnya blum pu ya good kamera :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mba.. investasi good kamera nggak pernah salah..

      Delete
  3. Aku lupa mau nanya, alas photonya beli di mana ya mba? Yang marble itu lagi kekinian bangett hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku beli di alas photo lipat by instagram

      Delete
  4. Hmmm ternyata peralatannya lebih banyak daripada yang saya bayangkan... Agar dapat hasil bagus, memang perlu perjuangan.. Thanks banget untuk tips2nya, mba... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga informasinya dapat membantu ya :)

      Delete
  5. wow, ternyata.... spechless deh.. karena harus belajar banyak lagi ttg fotografi.Terimakasih sudah merangkum kultweetnya.Salam kenal Mb. Dine. Saya sudah follow IG dan Twittermu. Follmeback yaa ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba.. semoga informasinya dapat membantu ya.. Siap nanti aku follow back ya..

      Delete
  6. asik ada yang merangkum, kemarin gak sempet pantengin TL pas #BPTalk
    makasih mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga informasinya dapat membantu ya mba :)

      Delete
  7. mba dyne, makasih tipsnya.
    sebenernya udah diingetin misua supaya nabung buat beli alat tempur ini, insya Allah. Baca ini jadi makin semangat >.<

    ReplyDelete
  8. Terimakasih, penting banget nih buat saya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdullilah.. semoga informasinya dapat membantu ya..

      Delete
  9. Kalau lg gak mood buat foto juga hasilnya jelek ya kak.
    Terus di rumah aku tuh jam 8-11 warna hasil fotonya jd kebiru-biruan.
    Duh susah banget otak ini biar paham photoshop -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah benar itu Indira.. Photoshop aku juga mseti banyak belajar nih.. kalau bukan anak design agak sulit ya :( SEMANGAT 45 belajar terus..

      Delete
  10. waah infonya lengkap banget ka Dinee.. makasih yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga infromasi nya membantu ya mey :)

      Delete
  11. Makasi tipsnya kak.

    www.aloha-bebe.com

    ReplyDelete
  12. iya lho mbak Dine fotonya bagus-bagus, berarti harus nabung dulu nih buat beli kamera yang bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awwww.. Terimakasih Indah.. hehehehehe..
      Terimakasih telah berkunjung ke post blog kami ya..

      Delete
  13. Ini dia yang aku cari. Aku belum punya kamera canggih, tips pakai kamera hapenya keren .... Bisa dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba mba anisa.. hehehehehe..

      Delete
  14. Saya ketinggalan BPTalk yang ini. Terima kasih udah dibuat postingannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga informasi nya berguna ya mba :)

      Delete
  15. Mbak bagusan slr apa mirrorless si? Aku rencana mau beli tapi masi bingung mau mirrorless atau slr πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bingung mba.. hehehehehe semuanya bagus.. tergantung kegunaan nya untuk kita yang mana..

      Delete
    2. Kalau buat bikin video make up gitu mba dine saraninnya ke mirrorless atau slr mba? 😊

      Delete
    3. DSLR mba Lebih tajam dan lebih focus

      Delete
  16. Waaah, infonya bermanfaat banget Mbak Dineee~
    Thank you for sharing :*

    Semoga setelah baca ini, foto-fotoku bisa se-kece foto-fotonya Mbak Dine :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaaah dila.. aku jadi terharu.. terimakasih ya dila :) *kiss kiss*

      Delete
  17. Nice share Dine. Mood benerrrr harus bagus. Trus matahariiiii, ahhh sayang aku udah ngga temenan sama matahari, karena bulan dan bintang nampaknya lebih setia hahahahhahaha. Terima kasih sudah berbagi. I adore u. Umakkkkkkkkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar ya cyiiiin.. ya kan? ya kan? duuuh bulan bintang di rumah ku selalu nyumput van.. kekekekek..

      Delete
  18. Huaa, keren banget dirangkum disini. Aku ngikutin tweetnya, dan dengan baca artikel ini jd lebih rapih. Thanks ya Mba Dine....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah ada mba Desy, terimakasih telah ikut live kemarin ya mba desy :) semoga informasinya berguna..
      Dan terimakasih telah berkunjung ke blog kita ya mba..

      Delete
  19. berarti kalo mau profesional mank perlu invest ya mbak, invest utk properti, ilmu dan afford agar hasil maksimal, makasih untuk tipsnya mbak. Komplit banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba.. semoga infromasinya berguna ya :)

      Delete
  20. Thanks sharingnya mbak ^_^
    Lihat tulisan ini langsung keburu googling harga kameranya..hihihih..

    Selama ini foto pakai kamera hp aja. Sama kamera Fuji Finepix SL310. Masih gak ngerti pakai kamera yang fuji ini..kok hasilnya noise melulu :(
    Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat belajar ya mba.. pasti bisa.. memang jam terbang nya mesti tinggi biar dapat feel yang oke..

      Delete
  21. Mari kita ucap hamdallah, karena dirangkum disini. Hehe, thanks yah buat ilmu nya. As a newbie, aku harus nabung beli kamera berarti. Hihi.

    http://www.kikicasmita.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah informasinya berguna.. Selamat menikmati mba.. Semangat menabung ya..

      Delete
  22. Thank for sharing mba..sangat bermanfaat..foto2nya kece badai.. :D

    ReplyDelete
  23. Makasi Mbak Dine buat tipsnya, lihat alat tempurnya jadi ingat kamera DSLR dan 3 buah lensa saya yang hilang dicuri :(.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah kok bisa?? turut sedih mba.. ya ampun itu 3 lensa lhoo dan camera nya pula.. sedih banget deh.. huhuhuhuhu

      Delete
  24. Halo mbag dine, ship banget dech.. iya foto jenengan niku khas buanget, sekali lihat langsung tau saya itu poto punya sapa. Jadi pengen juga punya ciri khas kayak punya mbag dine. Pengen blajar poto poto juga nich... heheh...

    ReplyDelete
  25. Lengkaaap bgt mbaa.. makasii ilmunya..
    daku ngiler lensa 50mm f1.8 tp mihiils T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lensa 50mm the best untuk macro mba.. aku recomended.. apalagi untuk foto detail potrait..

      Delete
  26. fotonya cake-cakeeep mba...suka dengan angle yang diambil dan propertinya oke bangeeet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mba indah..
      Terimakasih juga telah berkunjung ke blog kita ya mba..

      Delete
  27. Investasi di lensa kamera itu bener banget ! Memang mahal tapi sepadan dengan hasilnya. Daku juga masih nabung buat nambah lensa kamera mirrorless Fujifilm ku mba, sementara pake lensa kit + lensa manual dari brand lain yg harganya lebih terjangkau :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lensa dari brand lain juga jadi pilihan tuh.. lumayan juga hasil nya :)

      Delete
  28. Aku baru baca blogpostnyaaa aaaakkkk fans macam apa aku ini :(.
    Berguna banget tips-tips-nya dyne. Aku awalnya tuh ngerasa sayang kalau mau beli pernak-pernik dan bebungaan buat properti foto. Tapi ya memang butuh sih yaaa. Biar foto kita lebih centik dan kece. Bukan muka aja yang butuh perintilan biar kece, foto juga :D.

    Terus, aku suka banget sama cincin jempolnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk..
      aku juga nyicil-nyicil mba soal properti, kalau lewat disempetin beli.. karena biasanya properti ngikuti zaman sich ya.. lagi trand simetris layoutnya properti juga mengikuti :(

      Cincin pembawa hoki, 100rb dapet 5 bijik..

      Delete
  29. tipsnya membantu banget mbaaaakk, pas banget buat aku yang masih pemula begini

    XOXO,
    http://mkartikandini.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe semoga informasinya berguna ya mba..

      Delete
  30. Sukses Terus Mba Dine, Selalu Suka dengan Karya"nya... Candu banget liat Blog nya,,, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah sama-sama mba fany :* **kiss-kiss**

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...