Monday, 18 July 2016

[Beautipedia II] Mini Dictionary of Beauty K-Z

Hi Girls..

dictionary of beauty

Artikel hari ini merupakan lanjutan dari Bautipedia I yang pernah saya tulis beberapa minggu yang lalu, cek artikel BEAUTIPEDIA I [disini]. Beautipedia II kali ini akan tersusun dari kosa kata Alphabet {K} sampai {Z}. Sebenarnya artikel ini menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk saya, mengingat banyak istilah-istilah yang mesti saya susun secara sistematis. Dan banyak juga kosa kata yang mungkin agak sedikit terlewatkan.

Jadi..

Untuk beauty sisters, jika kedepannya ada masukan dan tambahan kosa kata yang lainnya jangan segan-segan untuk sengol-sengol saya ya. Nanti akan saya update dipost blog BEAUTIPEDIA I ataupun BEAUTIPEDIA II.

Tolong dibantu yaaaa **eeeeaaaa**

Komedogenik Laser CO2

K & L :
  • {Komedogenik} Kandungan dalam product kosmetik yang dapat memicu jerawat jika terkena kulit sensitif.
  • {Laser CO2} Laser CO2 merupakan laser yang memiliki kemampuan untuk memotong, yang mana laser tersebut menggunakan teknologi karbondioksida. Laser CO2 berfungsi untuk menghilangkan bekas luka, bekas jerawat, tahi lalat atupun dark spot pada wajah. Terapi sinar laser ini juga dapat membantu menghaluskan kulit wajah melalui sistem operasi lapis demi lapis kulit mulai dari lapisan terluar sampai dengan kulit yang mengandung serat elastin, kolagen dan fibroblas yang berperan dalam membentuk elastisitas serta kekenyalan kulit.
  • {Lipstick Matte} Lipstick dengan hasil finishing kering dibibir. Lipstick ini biasanya mempunyai warna yang super pigmented.
  • {Lip Tint} Lip tint merupakan pewarna bibir dengan hasil akhir natural. Warna dari lip tint biasanya menyatu dengan sel-sel kulit dibibir dan kebanyakan lip tint bertexture cair.
  • {Loose Powder} Suatu pure bedak tanpa tambahan kandungan apapun didalamnya yang mana loose powder mempunyai texture berbentuk bubuk. Loose powder biasanya dikemas dalam bentuk jar yang didalamnya juga telah tersedia puff.

Moisturizer MOTD

M :
  • {Matte} Efek matte yang ada di product makeup ngebuat hasil riasan diwajah terlihat halus tanpa kilauan. Cocok untuk yang mempunyai kulit berminyak.
  • {Mousse} Mousse adalah jenis tekstur yang mirip busa halus. Biasanya ada di foundation ataupun blush. Dengan tekstur yang tipis, hasil makeup terlihat lebih natural.
  • {Moisturizer} Moisturizer adalah pelembab alami kulit yang mampu mengembalikan protein keratin. Protein keratin adalah bahan dasar pembentuk kulit manusia. Protein keratin dibutuhkan agar kulit tetap lembab, halus dan sehat. Pada saat kulit kering, kelembaban alami menjadi berkurang dan nilai Ph menjadi rendah karena kekurangan protein keratin. Memakai moisturizer membantu dalam menaikan nilai ph pada kulit dan meningkatkan produksi keratin.
  • {MOTD} Make Up Of The Day.

Nail Polish Olive Oil

N & O :
  • {Nail Polish} Nail Polish atau yang sering kita ketahui juga sebagai KUTEK.
  • {Olive Oil} Olive oil atau yang sering kita ketahui sebagai minyak zaitun merupakan suatu minyak murni yang mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi. Olive oil banyak sekali kegunaannya, selain untuk bahan pangan Olive oil juga sering digunakan untuk kosmetika, seperti untuk melembabkan kulit yang kering.
  • {Oil Free} Produk yang memberi keterangan yang artinya tidak mengandung minyak alami, seperti minerail oil, petroleum, sunflower dan lain-lain. Karena nggak cocok untuk jenis kulit berminyak, akan tetapi punya kandungan minyak sintesis hasil manufaktur lab kosmetik.
  • {Oil Control} Keterangan dalam produk kecantikan, yang artinya dapat mengontrol sebum berlebih pada kulit.


P :
  • {Pimple Gel} Gel yang dapat meredakan jerawat yang meradang. Kerjanya bakal efesien kalau dipakai saat tidur. Salicylic acid-nya bantu meredakan kemerahan sehingga cepat kering.
  • {Primer} Produk kosmetika yang paling awal dipakai sebelum bermakeup. Tujuannya memberikan efek moisturizer yang mencegah kandungan makeup terserap oleh kulit. Primer juga berfungsi menyamarkan pori-pori diwajah dan hasilnya bikin wajah tetap matte. Bikin makeup tahan lama dan rata.
  • {Pomade} Pomade adalah product yang digunakan untuk membuat rambut tetap stylish dan gaya. Bentuknya padat mirip dengan wax. Pomade mulai dikenal sejak tahun 1990an. Pomade dibuat dari bahan-bahan seperti minyak kelapa, wax, lanolin, dan wewangian untuk memberikan aroma yang khas.
  • {Purging} Purging berasal dari kata purge yang artinya pembersihan. Purging terjadi ketika awal-awal menggunakan skin care. Purging bekerja untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat seperti minyak berlebih atau sel-sel kulit mati yang menumpuk. Purging memberikan efek break out pada permukaan kulit, karena proses kerja purging merangkap bakteri penyebab jerawat pada kulit. Proses ini wajar karena proses pembersihan yang dibahas pada kalimat diatas tadi.

Rejuvenation Rosehip Oil

R :
  • {Retinoid} Sering ditemukan pada beberapa anti-aging skincare product. Zat turunannya vitamin A ini jadi salah satu bahan pendukung supaya kerutan dan garis halus di wajah dapat berkurang.
  • {Rosehip Oil} Rosehip oil adalah minyak pereda dan penyembuh segala macam keluhan di kulit. Bahan utama rosehip oil sendiri adalah biji bunga mawar yang bisa dilihat ketika kelopaknya sudah rontok semua.
  • {Rejuvenation} Rejuvenation adalah istilah untuk menggambarkan peremajaan pada kulit.

Softlens Sunblock

S :
  • {Sebum} Sebum adalah lapisan lilin lemak pada permukaan kulit. Ketika tubuh menghasilkan jumlah kelebihan sebum dan sel-sel kulit mati, maka akan menyebabkan jerawat pada kulit.
  • {Serum} Serum biasanya juga disebut essence, product ini mempunyai nutrisi aktif lebih tinggi dan moisturizer. Texturenya tidak lengket dikulit, dan dapat menyerap pada lapisan kulit paling terdalam.
  • {SPF} SPF singkatan dari Sun Protection Factor, yaitu kemampuan suatu product untuk melindungi kulit dari sinar UVB matahari. Makin tinggi angka dari SPF-nya, maka makin tinggi pula prosentase melindunginya.
  • {Sunblock} Sunblock mengandung filter bahan logam yang dapat memantulkan serta menyebarkan sinar UV. Fungsi dasar sunblock adalah bertindak sebagai dinding anatara kulit dan UV Ray yang berbahaya, sehingga sunblock dapat mencegah terjadinya kanker kulit.

Toner Two Way Cake

T :
  • {Toner} Toner merupakan cairan ber-konsistensi seperti air yang mengandung bahan-bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah kulit yang spesifik. Toner juga berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa residu dari sabun yang tak penuh terangkat, selain itu juga toner bisa mempersiapkan kulit sebelum memakai serum dan perawatan skincare lainnya, agar kandungan dari bahan-bahan tersebut lebih maksimal terserap ke kulit wajah.
  • {Translucent Powder} Merupakan bedak yang biasanya berbentuk bubuk tanpa pilihan shade warna. Ketika di applikasikan ke kulit maka warna bedak nya akan menyatu dengan warna kulit kita. Translucent powder juga biasanya dapat digunakan sebagai finishing powder atau setting powder.
  • {Two Way Cake} Merupakan bedak padat atau yang sering kita tahu sebagai compact powder. Two Way Cake adalah jenis bedak yang mempunyai dua fungsi, yaitu berfungsi sebagai bedak dan dapat juga berfungsi sebagai foundation. Two Way Cake dapat di applikasikan menggunakan spons kering ataupun spons basah.

UVA UVB

U :
  • {UVA} Sinar ultraviolet yang mampu menembus lapisan kulit terdalam sehingga dapat menyebabkan salah satu kanker pada kulit.
  • {UVB} Radiasi dari sinar ultraviolet. Sinar Ultraviolet yang satu ini hanya dapat mengenai lapisan terluar kulit saja. Efeknya membuat kulit terluar menjadi lebih gelap atau dapat membuat kulit terbakar.

Vitamin E Wrinkle

V & W :
  • {Volumizer} Indentik dengan product maskara dan rambut, memberikan efek volume serta menebalkan lapisan rambut.
  • {Vitamin E} Merupakan zat penting yang dapat menunjang kinerja organ tubuh. Zat ini juga memiliki efek antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Vitamin E sangat indentik dengan kesuburan dan rejuvination kulit.
  • {Waxing} adalah proses pencabutan bulu-bulu yang tidak diinginkan hingga akar rambut. Selain rambut yang tumbuh di ketiak, waxing juga dilakukan untuk kaki, tangan, punggung, perut ataupun wajah. Waxing dapat dilakukan di tempat-tempat treatement terdekat dengan menggunakan sugar yang telah diolah dan aman untuk digunakan.
  • {Whitening} Indentik dengan proses pemutihan pada kulit.
  • {Wrinkle} Yang artinya kerut, berkerut, atau mengisut.

Xyelene Zinc

X & Z :

  • {Xylene} : Bahan ini dipakai di shampoo dan parfum. Masuk dalam bahan komedogenik dan punya efek bikin iritasi kulit.
  • {Zinc} : Ada di product makeup mineral, seperti foundation dan punya kandungan anti peradangan.


Selesaaaaaaaaaii.. akhirnya khatam juga nulis dari kosa kata {A} sampai {Z}. Yang penasaran dengan dunia beauty dan pusing dengan semua istilah-istilahnya?? Monggo di lirik post blog BEAUTIPEDIA I [disini] dan BEAUTIPEDIA II hari ini.

Semoga bermanfaat ya.. dan sampai dipost blog berikutnya.. see ya..

Jangan lupa untuk follow Instagram @dineaisah dan Twitter @dineaisah2 untuk informasi tentang beauty lainnya ya.

8 comments:

  1. Tulisan yang menarik neh mba. TFS

    ReplyDelete
  2. wah lengkap nih beautypedianya, ditunggu beautypedia 3 nya mba Din :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin.. moga-moga bakalan ada jilid ke tiga ya mba..

      Delete
  3. Mbag dine laser CO2 penasar aku...pernah dibahas belum? Bahas donk... plisssssss... badan saya penuh tato sisa2 kenakalan masa kecil jatoh di mana2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah aku bahas mba.. cek di label tentang ERHA LASER CO2.. hehehehe..

      Delete
  4. Kalau pakai skin care baru trus ada efek purging itu sebenernya bagus/nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus.. artinya kulit kamu terdetox dengan sempurna..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...